Senin, 24 Mei 2010

Pasang Engine Cut-Off



Skubek yang bertranmisi CVT alias matik perlu pasang engine cut-off. Bila bermasalah seperti tali gas nyangkut, mesing bisa langsung segera dimatikan. Langkah ini mampu mencegah bablas angine. Maksudnya, nabrak apa saja yang ada di depan.



Pada sakelar starter Scorpio sudah ada engine cut-off. Dan untuk mendapatkan part itu juga gampang. Tentu tetap harus merogoh kocek Rp 100 ribu. Dipilih punya Scorpio lantaran satu merek. Warna kabel dan soket juga hampir sama.

Yuk langsung ke cara pasang. Pertama adalah melepas kedok lampu depan. Pakai obeng kembang untuk buka 12 sekrup. Setelah itu copot juga dudukan pelat nomor dengan kunci 10. Sebelum melepaskan kedok, terlebih dulu copot semua soket.

Panel starter standar tentu langsung pensiun dan ganti punya Scorpio. Cukup buka dua sekrup pakai obeng kembang. Lepaskan dua kabel standar (hitam dan biru) dari soket. Untuk melepasnya, bisa pakai obeng kecil untuk mencungkil pin keluar.

Ketika melepas kabel, baiknya dilakukan satu per satu. Begitu yang lama dilepas, langsung diganti dari panel starter baru. Biar nggak lupa, getooo. Jadi, tinggal ikut sesuai warna kabel (gbr. 2).

Sekarang sudah dipasang. Jika ingin engine cut-offberfungsi sempurna, kabel ketiga dari panel yang berwarna hitam garis putih bisa dihubungkan ke kabel positif menuju koil (gbr. 3). Langsung bisa ON-OFF deh!

Tapi kalau kabel ketiga tadi tidak disambung, engine cut-off tadi bisa difungsikan sebagai kunci rahasia. Maksudnya, jika sakelar diposisikan ke OFF, mesin tidak mau distarter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar